Seberapa banyak kanak-kanak yang kemudian berusaha menjauh dari masjid hanya karena sikap kita, orang tua, yang tanpa sadar agak berlebihan. Namanya anak-anak bermain adalah pekerjaannya. Kalau sudah berkumpul pasti rame. Dimana saja tak terkecuali di masjid.
Ada di suatu desa, saban sore masjid dipenuhi anak-anak. Terutama maghrib, sekalian belajar ngaji usai shalat maghrib. Saat menjelang shalat maghrib, anak-anak seperti sifatnya, selalu banyak main. Tapi mainnya agak teratur. Saling colek, saling ganggu di tempat wudhu tapi tidak berisik. Ngomongnya juga pelan-pelan. Kalau kita lewat di samping mereka, mereka menatap dengan tatapan yang seperti heran, takut, segan atau sopan. Ketika saat imam mengangkat takbir memulai sholat anak-anak ini tak ada yang bersuara, rapi mengikuti imam dengan tertib. Tak ada suara berisik, ribut main-main yang berlebihan sampai mengganggu. Padahal anak-anak ini ada sekitar empat saf berbaris di belakang imam dan orang dewasa di depannya. Ya terlihat tertib. Kontras dengan anak-anak di desa satunya. Saat sholat Jum'at, orang tua sholat, anak-anaknya sibuk bermain, suaranya kencang seperti di pasar.
Kembali ke desa yang pertama, entah bagus atau tidak, ternyata semua orang dewasa yang sholat di masjid itu dibolehkan menjentik telinga anak yang didapatinya ketahuan ribut atau main-main. Anak-anak ini dipastikan tak akan melaporkan jentikan Mang Ujang kepada Bapaknya yang akan berujung baku pukul. Karena Sang bapak pasti sudah memafhuminya karena ia juga akan menjentik telinga anak Mang Ujang kalau kedapatan ribut saat mau dan sedang sholat. Tapi nampaknya cara ini efektif, buktinya kok bisa tertib begitu. Tapi boleh jadi ada sebab lain yang tak diketahui seperti guru ngajinya yang berkharisma atau yang lainnya.
Lalu di sini, Pak Aji satu ini, kayaknya sudah habis kesabarannya. Melihat anak-anak yang masih saja main-main padahal sudah waktunya sholat maghrib. "Tidak usah sholat, tidak usah sholat..kalau mau main." Di sadari atau tidak sikap seperti ini yang akan menjauhkan anak-anak dari masjid. Di samping motivasinya masih lemah, ditambah diusir dari masjid, sangat boleh ini salah satu penyebab kita yang setelah tua sungkan datang ke sini. Bandingkan dengan Pak Aji di masjid lainnya. "Adek sholatnya jangan ribut ya..rapat-rapat..." Ujarnya lembut.
Kita harus punya cara sendiri-sendiri bagaimana agar anak-anak, generasi kita tidak menjauh dari masjid.(*)
Thursday, March 3, 2011
Tentu saja Tuhan Lebih LAyak Kita Cintai daripada Sebatang Rokok
Perokok itulah gelar yang disandang dulu. Mengenal rokok sejak kecil, dari main-main. Melihat gede (kakek) menghisap rokok pucuk (daun nipah). Kelihatannya asyik keluar asapnya ngebul dari mulut dan hidung. Bukan hanya gede, yang dilihat tapi juga bak (bapak), mamang, bahkan ada bibik-bibik yang merokok. Jadi kenyataan ini (merokok) sudah diterima sebagai sebuah aktifitas yang baik-baik saja, buktinya gede yang umurnya sudah banyak pun merokok. Herannya ketika kita coba memegang saja, sudah dibentak. “Heh.. anak kecil jangan pegang-pegang..” Oh jadi anak kecil tidak boleh pegang, kalau sudah besar boleh dong. Kalau tidak bisa dilihat mulai dengan sembunyi-sembunyi ambil rokok pucuk gede plus temakonyo (tembakaunya). Di sulut isap..puss..terbatuk-batuk..rasanya aneh, tidak enak sama sekali, tapi lucu juga ada asapnya… Demikianlah pengenalan terhadap rokok sudah diperkenalkan sejak usia dini bahkan ketika jabang bayi masih dalam kandungan emaknya ada juga yang telah memperkenalkannya.
Hingga ketika kuliah merokok adalah aktifitas yang wajib. Bukan persoalan uang ada berapa di kantong. Yang penting bagaimana agar selalu bisa ngebul. Ibarat kereta api, tidak akan jalan kalau tidak asapnya. Saking wajibnya, rela nggak sarapan, yang penting bisa merokok.
Lalu kenapa sekarang bisa berhenti ?
Keberhasilan untuk berhenti merokok sebenarnya hasil dari akumulasi penyadaran demi penyadaran setiap saat dan kesempatan. Tidak serta merta berhenti begitu saja. Ada proses yang dilewati.
Awalnya memang ada niat untuk berhenti karena memang merokok ini memang tidak ada manfaatnya sama sekali. Kemudian mengagumi teman yang bisa berhenti merokok. “Kok bisa ?” Padahal dulu berbungukus-bungkus. Jadi ada model, idola tersendiri. Ada keinginan untuk mencontoh. Kemudian ada ungkapan kita akan mati dengan apa yang kita cintai. Lagi asyik merokok ada suara adzan. Adzan panggilan dari Tuhan untuk menyembah bukti kesyukuran dan kecintaan kepadaNya. “Tanggung masih panjang..” Sambil menyedot adzan berkumandang, sepertinya aku lebih cinta kepada rokok daripada Tuhan". Dapat terlihat jelas kejelekan ini. Seperti dihadapkan kepada pilihan, memilih Tuhan atau setengah batang rokok. Tentu saja Tuhan tak sebanding hanya dengan setengah batang rokok. Tapi ingatan untuk tidak merokok tidaklah permanen. Setiap selesai makan tidak lengkap kalau tidak merokok. Lagi bengong sendiri, rokok adalah kawan setia. Lagi kumpul-kumpul dengan kawan perokok, kita seperti terkucil dan diledek kalau tidak merokok. Memang godaan untuk merokok teramat banyak. Tapi dicoba untuk konsisten kepada keinginan. Ketika ingat niat, tidak berpanjang-panjang mikir langsung dibuang. Buanglah apa yang dicintai sebelum yang dicintai membuang kita. Kalau kita tidak membuang rokok, kita akan dibuang oleh rokok, suatu saat. Merokok lagi, buang lagi. Itulah rumusnya. Kemudian ketika ada yang ingin berterimakasih kepada kita karena telah menolongnya dalam bentuk rokok satu bungkus. “Wah rezeki betul ini.” Tapi mencoba konsisten. Daripada mubazir lebi baik dijual saja, lumayan untuk sebungkus nasi. Tapi bolak-balik bukan kita yang merokok malah teman kita yang kita suruh merokok. Ini agak bertentangan dengan semangat berhenti merokok. Al hasil dibuanglah rokok itu. Biar agak dramatis, dibuka bungkusnya dibuang satu demi satu ke dalam selokan sampai dua belas batang. Jadi kerasa nikmatnya mencampakkan sesuatu yang tidak patut kita cintai.
Kemudian hingga tiba di akhir upaya untuk betul-betul berhenti merokok. Merek rokok kan macam-macam dari yang merakyat seperti jambu bol, yang berat kayak Djisamsu, yang ringan seperti marlboro sampai yang elit seperti cigarillos. Nah macam-macam rokok ini sebelum betul-betul berhenti kayaknya bagus untuk semua dicoba. Muncullah ide untuk mencoba semua jenis rokok. Jadi hari ini misalnya rokok GP, besok ganti rokok Surya. Dengan catatan setelah pindah ke rokok lain, Surya, maka jangan sekali-kali merokok GP selamanya. Walaupun dikasih. Kalau Dikasih ya diambil tapi dibuang. Selesai Surya ganti GG merah. Perlakuan yang sama dengan seperti yang pertama. Terus ganti terus, dicoba semua, jarum kuning, panamas, jambu bol, dll terakhir Kansas. Setelah dirasa cukup. Semua rokok dicicip. Jadi tak ada lagi kesempatan untuk merokok karena semua ‘diharamkan’. Hingga akhirnya betul-betul tidak cinta sama tuh yang namanya merokok. Hingga saat ini, sepuluh tahun lebih. Mudah-mudahan sampai mati.
Jadi pengalaman berhenti merokok lebih kepada pengalaman pribadi, yang boleh jadi tidak bisa diterapkan begitu saja kepada pribadi yang lain. Tapi satu yang sama bahwa niat yang konsisten mungkin yang akan sama. Masalah pengalaman, implementasi niat ini sampai berhasil akan bergantung kepada latar pribadi masing-masing. Ditunggu deh pengalaman dan sharingnnya.(*)
Wednesday, December 8, 2010
BAlada angkot dan dunia sempit di dalamnya
Pulang kampung adalah sebuah ritus menarik bagi para kaum urban. Dengan pulang kampung ada penemuan kenangan kembali terhadp identitas diri yang lama ditinggalkan. Ada nostalgia, kerinduan dan kebahagiaan. Berbagai seremonial proses kembalinya jati diri ini ke kampung ini, menjadi wisata tersendiri. Pun aku, dengan prediksi bahwa biasanya ketika moment tertentu ada banyak pemudik yang memiliki keinginan yang sama untuk pulang kampung. Biasanya bagi pemanfaat transportsi angkot seperti saya, sudah terbayang pasti berjubel. Rebutan kursi, kayak anggota dewan. Syahdan, tibalah diri ini di terminal. Angkot yang dirindu-rindu sudah nangkring lengkap dengan sopirnya. Menyapaku lembut. ”Mau kemana..?” Aku menyebutkan desaku nan permai. Ternyata sang sopir kawan main bola dulu di waktu esde. Seperti kebanyakan angkot penampilannya selalu menunjukkan dirinya sebagai sebuah alat publik yang terkesan tak terawat. Awalnya sih lapang-lapang saja. Tempat duduk di tengah, bangku panjang. Aku istri dua sang anak. Mulai menikmati keadaan. Lama menunggu. Satu dua, tiga sampai sembilan orang berjejal. Penuhlah si angkot dengan para penumpang. Plus barang-barang titipan sebuah warung di desa. Menggunung sampai ke langit langit angkot menempti bangku yang mustinya diisi penumpang. Mulai dari gulungan tali, sangkar piring, kardus-kardus sampai pakan ayam. Menebar aroma tersendiri. Tumplek blek berbaur dengan cuaca tengah hari dengan matahari yang bersinar terang tak terhalang. ”Berngkat pir...”.
Dimulailah perjalanan itu. Di dalam angkot ini, dunia terasa begitu sempit. Bumi sejatinya menurut data wikipedia mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer, teramat luas. Di sini hanya menjadi diamter 0,5 meter. Meluruskan kaki pun susah. Selama dua jam, menikmati keadaan ini. Anak-anak menangis. Jus jeruk sudah habis, dot sudah amblas, air putih mulai menyusut. Panas masih mejadi dirinya sebagai panas. Demikianlah, serba salah maju, mundur tidak bisa apalgi ke atas atau ke bawah. Tertekan dan tak lupa mengingat keluasan cintaNya. Dan akhirnya sampai juga di sini, di desa ini. Satu-satu keluar... Baru terasa bahwa nikmat luas bumi yang diciptakan. Betapa kita bebas mau bergerak mau kemana tak ada penghalang. Di sini, di bumi yang konon sudah berusia 4,6 milyar tahun ini (*)
Dimulailah perjalanan itu. Di dalam angkot ini, dunia terasa begitu sempit. Bumi sejatinya menurut data wikipedia mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer, teramat luas. Di sini hanya menjadi diamter 0,5 meter. Meluruskan kaki pun susah. Selama dua jam, menikmati keadaan ini. Anak-anak menangis. Jus jeruk sudah habis, dot sudah amblas, air putih mulai menyusut. Panas masih mejadi dirinya sebagai panas. Demikianlah, serba salah maju, mundur tidak bisa apalgi ke atas atau ke bawah. Tertekan dan tak lupa mengingat keluasan cintaNya. Dan akhirnya sampai juga di sini, di desa ini. Satu-satu keluar... Baru terasa bahwa nikmat luas bumi yang diciptakan. Betapa kita bebas mau bergerak mau kemana tak ada penghalang. Di sini, di bumi yang konon sudah berusia 4,6 milyar tahun ini (*)
Sunday, November 14, 2010
Kecamatan Ulu Rawas
Kecamatan Ulu Rawas merupakan kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Rawas Ulu pada tahun 2003. Wilayah Ulu Rawas sebenarnya meliputi mulai dari desa Pulau Lebar sampai ke desa Kuto Tanjung. Namun pada pembentukannya meliputi mulai dari Desa Pulau Kidak sampai Desa Kuto Tanjung.
Secara administrasi terdiri dari : 6 Desa dan 1 Kelurahan :
1. DESA KUTO TANJUNG
2. DESA NAPALLICIN
3. DESA SOSOKAN
4. KELURAHAN MUARA KULAM
5. DESA MUARA KUIS
6. DESA PULAU KIDAK
7. DESA JANGKAT
Luas Wilayah : 145.287,89 Ha
JML PENDUDUK (2010) : 10.538 JIWA
- Laki – Laki : 5.394 JIWA
- Perempuan : 5.144 JIWAPENDIDIKAN KEC. ULU RAWAS
Sarana Pendidikan
TK : - Unit
SD/MI : 10 Unit
SMP/MTs : 2 Unit
SMA/SMK/MA : - Unit
Angka Buta Aksara
9,58 %
APK | APM | |
SD | 111,10 % | 99,55 % |
SMP | 88,73 % | 78,78 % |
SMA | 47,02 % | 41,87 % |
KESEHATAN
KEC. ULU RAWAS
No | Sarana Kesehatan | Jml |
1 2 3 4 | Rumah Sakit Puskesmas Pustu Poskesdes | - 1 2 7 |
POTENSI UNGGULAN DAERAH
PERTANIAN TANAMAN PANGAN :
Padi Sawah : Padi Ladang:
Luas Tanaman : 355 Ha Luas Tanaman : 475 Ha
Luas Panen : 355 Ha Luas Panen : 475 Ha
Produksi : 1.172 Ton Produksi : 1.055 Ha
Rata-rata Produksi : 3,30 Ton/Ha Rata-rata Produksi : 2,22 Ton/Ha
PERKEBUNAN :
Karet: Kopi:
Luas Lahan Karet Belum Menghasilkan : 963 Ha Luas lahan kopi belum menghasilkan : 5 Ha
Luas Lahan Karet yang Menghasilkan : 2.987 Ha Luas lahan kopi sudah menghasilkan : 18 Ha
Luas Lahan Karet yang tua/rusak : 672 Ha Luas lahan kopi rusak/tua : 12 Ha
Luas Lahan Karet seluruhnya : 4.622 Ha Luas lahan kopi seluruhnya : 34 Ha
Produksi Karet : 2.270,12 Ton Produksi Kopi : 18 Ton
Monday, October 25, 2010
Pak Taher bisa melihat calon mayat
Alkisah, di sini di tempat ini. Ada manusia unik. Namanya Taher. Perawakannya biasa. Sama seperti warga lainnya. Beraktivitas seprti kebanyakan orang. Pagi menyadap karet, pulangnya istirahat. Dimana keunikannya ? Satu hal yang unik adalah bahwa Pak Taher ini, bisa melihat berapa lama umur seseorang tersisa. Atau jelasnya, orang yang akan wafat sebulan lagi, Pak Taher ini bisa melihatnya. Bagaimana caranya ? Berdasarkan pengakuannya, kalau ada orang yang akan meninggal satu bulan lagi, ada salah satu anggota badannya yang tidak bisa dilihatnya. Contohnya Pak Taher tak bisa melihat salah satu telinga. Kalau sudah dekat waktunya, misalnya besok si fulan mau meninggal, Pak Taher tidak bisa melihat kepalanya. Alias si calon mayat sudah tidak berkepala lagi. iihh ngerii... Setidaknya demikianlah fakta yang ada berdasarkan pengakuannya. Percaya ? Up to you. Tak heran banyak warga yang agak malas berpapasan dengan Pak Taher. Takut dibilang "Kepala ente kemana tong ?" Sudah rahasia umum, mati adalah hal yang ditakuti manusia. Tema tentang kematian sesuatu yang tidak populer dan membosankan. Padahal kenyataan ini pasti akan terjadi.
Cerita ini tidak penting kebenarnya. Percaya atau tidak, tak bisa mengurangi kebesaran Yang Maha Hidup, Yang Menghidup dan Mematikan manusia. Yang penting adalah bagaimana bekal yang bisa kita persiapkan untuk menuju terminal alam barzakh. Dimana kereta akan membawa kita kepada terminal keadaan yang sangat berbeda dengan udara yang kita hirup saat ini. Sesutu yang begitu gelap dalam gambaran kita.
Cerita ini tidak penting kebenarnya. Percaya atau tidak, tak bisa mengurangi kebesaran Yang Maha Hidup, Yang Menghidup dan Mematikan manusia. Yang penting adalah bagaimana bekal yang bisa kita persiapkan untuk menuju terminal alam barzakh. Dimana kereta akan membawa kita kepada terminal keadaan yang sangat berbeda dengan udara yang kita hirup saat ini. Sesutu yang begitu gelap dalam gambaran kita.
Wednesday, September 15, 2010
Aksi Pembakaran Kitab Suci
Belakangan ini semarak isu pembakaran kitab suci. Rencana Pastor Terry Jones akan membakar Alquran. Menteri Pertahanan Roberts Gibbs pun telah melarang aksi tersebut secara langsung dengan Terry Jones, melalui sambungan telepon.Seorang pria asal Australia, Alex Stewart, melakukan eksperimen kecil-kecilan yang mengundang kontroversial. Dia membakar lembaran Alquran dan Injil menjadi rokok. Dua pendeta Springlfield, Pendeta Bob Old dan Pendeta Danny Allen membakar Alquran, Minggu 12 September lalu. (okezone, 15/9)
Sebagai muslim, hati siapa yang tak ikut terbakar. Sesuatu yang kita muliakan, dijadikan bahan penistaan. Sebagai muslim kita wajib marah dan mencegahnya. Sama halnya dengan kasus penistaan Nabi Muhammad SAW dalam berbagai bentuk. Kita wajib tersinggung. Sebagai muslim kita wajib menunjukkan protes, perlawanan dan pembelaan. Di sisi lain, kita juga harus menydari bahwa upaya penistaan al-Qur'an juga terjadi dilakuan umat muslim sendiri. Yaitu dalam bentuk pengabaian perintah dan larangan yang terkandung dalam al-Qur'an. Seharusnya kita juga merasa terbakar, tersinggung juga protes kalau misalnya Surat al Humazah ayat 1-4 diacuhkan. "celakalah, azablah untuk tiap-tiap orang pengumpat dan pencela. Yang menumpuk-numpuk harta benda dan menghitung-hitungnya. Ia mengira, bahwa hartanya itu akan mengekalkannya (buat hidup di dunia). Tidak, sekali-kali tidak, sesungguhnya dia akan ditempatkan ke dalam neraka (hutamah)" Praktik menumpuk harta dan menghitung-hitungnya adalah praktik kaum kapitalis saat ini. Coba bayangkan kalau kita melakukan aksi dalam berbagai bentuk memprotes dan berupaya mengubah perilaku kapitalisme di dunia. Tentu kesejahateraan manusia bisa lebih merata. Atau dalam surat Al Baqarah ayat 188 yang berbubnyi: “Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui”. Pasti praktik korupsi yang menjadi pangkal persoalan dalam kehidupan ini tidak akan terjadi. Ada banyak kandungan dalam al Qur'an yang 'terkoyak' dan 'terbakar' dalam kehidupan kita. Andai ada gerakan secara massif yang bisa memprotes tentu kehidupan ini bisa lebih damai dan indah.
Saturday, September 11, 2010
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 Minal Aidin Wal Faizin!
Lebaran yang jatuh bersamaan tanggal 10 September 2010, dirayakan dengan cukup meriah. Semua wajah nampak ceria menyambut kemenangan setelah sebulan menahan hawa nafsu, diharapkan menjadi insan yang memiliki gelar muttaqin.
Perlu dirayakan, bagaimanapun wujudnya. Wujud syukur yang nampak seperti makanan yang melimpah dan enak-enak, pakaian baru. Yang ini semua ikut berpartisipasi baik yang memperoleh kemenangan karena sebulan menahan makan, minum dan segala bentuk maksiat. Maupun yang enggan berpuasa. Keberlangusungan yang tak bisa terhndarkan ini, menciptakan keadaan dimana segenap kita melaksanakan perayaan lebaran seperti layaknya pesta. Syarat-syarat pesta yang harus dijalani agar sukses dan meriah mulai dari makanan yang enak, pakaian, kendaraan yang baru, keluarga yang lengkap.Dan kita semua sumringah. Inilah keberlangsungan saat lebaran yang tercipta dalam kebiasaan kita.
Sampai di sini perayaan lebaran bukan karena adanya semangat keagamaan tapi juga semangat kebudayaan. Budaya kadang tak terikat dengan pernak-pernik agama. Dan pada gilirannya, sesuatu yang menurut agama tidak wajib, di mata budaya menjadi wajib. Ini yang sering menyiksa.
Ketika kita tidak bisa merayakan lebaran dengan cara lazimnya masyarakat kita berlebaran, kita dan masyarakat kita tidak bisa memaafkan. Kita merasa sangat bersalah dan masyrakat menghukum kita. Ini secara budaya tak termaafkan, sementara Tuhan Maha Pemaaf. Tuhan tak ada urusan dengan makanan yang banyak atau baju baru. Karena bagi Tuhan hanya ada dua ukuran yang mencapai ketaqwaan atau semakin menentang Tuhan. Bagi yang mendapat gelar muttaqin Tuhan menganjurkan mensemarakkan hari ini. Bukan dengan menghamburkan harta tapi dengan muhasabah, silaturrahmi, saling maaf memaafkan, takbir dan tahmid.
Subscribe to:
Posts (Atom)
