Monday, June 2, 2008

Terlambatnya Dana 30% Tahap III

Moro, Dana PNPM tahap III yang berasal dari APBN di KEcamatan Moro sudah memasuki bulan ke tiga. Selama itu, ada delapan kegiatan di Kecamatan Moro yang sampai saat ini masih terbengkalai. Mulai dari Posyandu yang belum dipasang atapnya yang terhujan dan terpanas di Desa Selat Mie sampai pelabuhan yang rangka besi untuk tiangnya terendam air di Desa Pauh.
Lalu kepada siapa kami harus mengadu ? Dan kami sadar ini pun atak akan ada yang menanggapi. Ketika tiap hari berjumpa dengan TPK, KPM, Tim 18, terus ditanya. Sudah habis jawaban yang diberikan. Mujur mereka mengerti, jadi tak sampai ada aksi demo.
Celaknya, dana operasional yang bagaikan bensin bagi bergeraknya roda tahapan PNPM di Kecamatan mengalami nasib yang kurang lebih sama. Samapi saat ini, swadaya adalah kata-kata yang makin bersahabat. Setidaknya masyarakat masih mau berswadaya. Semoga kepercayaan terhadap PNPM Mandiri Perdesaan ini tak menjadi luntur hanya karena keterlambatan demi keterlambatan ini.
Sudah cukup ? Ternyata belum ! Gaji dan tunjangan pendamping yang diantaranya berguna untuk mengayuh sampan PNPM juga mengalami nasib yang jauh berbeda. Setidaknya samapai detik ini ada dua bulan tunjangan yang belum diterima pendamping.
Mudah-mudahan dengan tulisan ini semakin menambah persediaan kesabaran kita. Amiin.

No comments: