Saturday, May 2, 2009

Pelatihan KPM

"Perlunya kekompakan..." Kata Sawira KPM Kelurahan Moro, ketika ditanya apa makna dari permainan Ice Breaking "Ular Terpanjang" pada Pelatihan KPMD/K se-Kecamatan Moro tanggal 14-16 April 2009 di Kantor UPK Kecamatan Moro beberapa waktu lalu. "Lebih percaya diri..." Timpal Amri, KPM Desa Selat Mie, "Perlu adanya terobosan..." Tambah Sitam KPM dari Desa Tanjung Pelanduk. "Menghilangkan kantuk..." Sela Suryati KPM Desa Pauh.
Permainan Ice Breaking "Ular Terpanjang" ini adalah permainan untuk menyegarkan suasana pelatihan agar tidak monoton dan menghilangkan kantuk. Dimana peserta pelatihan diminta dibagi dua kelompok. Setiap kelompok akan mengeluarkan barang-barang yang ada di badannya dan menyusunnya menjadi "ular". Siapa yang susunan barangnya yang terpanjang kelompok dialah yang menjadi pemenang.
Biasanya suasana menjadi gaduh. Semua peserta mengeluarkan yang ada di badannya. Mulai dari dompet, uang, pena, sapu tangan, korek api, hp sampai ikat pinggang.
Demikianlah seorang KPM. Dia dianggap sebagai orang yang dianggap maju satu langkah dari masyarakat desa lainnya. Harus memiliki komitmen dan tanggungjawab. Mau berswadaya menyumbangkan sesuatu yang paling sederhana sekalipun. Baik materi dan moril maupun waktu, fikiran dan tenaga.

No comments: