Saturday, August 16, 2014

Dermaga Desa Sementul



Masyarakat Desa Sementul khususnya warga Dusun III kini tidak lagi kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Karena dengan adanya Pembangunan dermaga kegiatan PNPM MPd Tahun 2012, mempermudah akses mereka melalaui jalur sungai. Dulu sebelum adanya dermaga ini, warga sangat sulit bila harus berlabuh dan menambatkan perahu atau speed. Karena dermaga yang ada  berupa dermaga biasa yang terbuat dari kayu dan dibuat secara darurat. Tidak jarang warga sering terjatuh karena kayu-kayunya sudah lapuk dan tidak kuat.
Dengan adanya dermaga yang dibuat permanen ini secara langsung atau tidak langsung juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Warga menjadi mudah dalam mengangkut hasil pertanian seperti padi. Warga yang membeli bahan-bahan dagangan dari Palembang, memudahkan dalam pengangkutan.
Sedangkan bagi anak SD dan SMP yang berada di seberang, baik dari desa tetangga (desa Sukarela) maupun dari antar Dusun desa Sementul tidak takut-takut lagi bila harus turun dan berlabuh dari perhau atau speed dan bisa  mengurangi tingkat kecelakaan.
Kegiatan Dermaga ini merupakan hasil usulan masyarakat Sementul khsusunya Dusun III. Total pelabuhan yang dibangun PNPM MPd di desa Sementul ini ada tiga buah. Pada saat pembangunan dermaga ini warga dusun III khususnya sangat antusias dalam membantu kelancaran pembangunannya mulai dengan cara menghibahkan tanah, menjadi tenaga kerja, maupun dengan cara berswadaya.
Saat ini karena pembangunan masih baru, Tim Pemelihara belum berjalan secara optimal. Namun Wancik warga setempat yang ditunjuk desa untuk memlihara dermaga ini sudah merencaanakan akan melakukan pemeliharaan dermaga secara rutin. Menurut Wancik saat ini dermaga belum ada kerusakan sama sekali. Sehingga belum pernah ada perbaikan.

No comments: