Monday, May 21, 2012

Kunjungan David Tanner dari INT World Bank ke Ulu Rawas

Kunjungan David Tanner dari INT World Bank hari Jum'at tanggal 18 Mei 2012 ke Ulu Rawas. Kunjungan diawali ke kantor UPK Kecamatan Ulu Rawas dengan meminta copy SPC kegiatan tahun 2010, Dokumen perencanaan, Laporan bulanan bulan januari sampai
Desember, Laporan akhir dan Berita Acara MAD I, II dan III. Setelah memeriksa SPC, David meminta untuk mengunjungi hasil kegiatan di Kelurahan Muara Kulam dan Desa Sosokan. Di Kelurahan Muara Kulam David mengunjungi hasil kegitan berupa jalan setapak. David sempat mewawancarai TPK,  masyarakat,
kelompok SPP, UPK, dan pelaku-pelaku lainnya. "Kunjungan saya ke sini bukan upaya untuk menginvestigasi, tetapi lebih kepada keinginan untuk mengetahui dan memahami sejauh mana proses  kegiatan program ini berjalan." Ujar David melalui penerjemahnya. Kepada TPK David menanyakan bagaimana  proses pengerjaan kegiatan, bagaimana cara memperoleh bahan material, sejauh mana partisipasi masyarakat, bagaimana pelelangan dilaksanakan dan lain-lain. Kepada masyarakat David menanyakan, perihal apakah mereka mengetahui kapan bangunan kegiatan ini dibangun, apakah bermanfaat bagi mereka dan lain-lain. Kepada Kelompok David menanyakan Berapa pinjaman, berapa anggota, pinjaman digunakan untuk apa, baaimana jika ada anggota kelompok yang menunggak dan lain-lain.
Setelah makan siang di kediaman bendahara UPK yang menyuguhkan aneka makanan khas msyarakat Ulu Rawas, David mengunjungi kegiatan Gedung Sekolah SMP dan jalan setapak di desa Sosokan. Di sini David menanyakan bagaimana pemeliharaan terhadap bangunan yang sudah dilaksanakan. Wawancara juga dilakukan kepada TPK, Tim Pengawas.
Dari kunjungan Mr David pasti memiliki catatan khusus terhadap pelaksanaan kegiatan di Kecamatan Ulu Rawas ini khususnya. Tapi bagaimanapun mudah-mudahan dari kunjungan ini akan menjadikan kualitas proses dan hasil kegiatan akan menjadi lebih baik di masa mendatang.
"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada kecamatan dan desa yang telah menyambut kedatangan saya dengan penuh keramah tamahan. Mudah-mudahan nanti saya bisa datang lagi ke sini di masa mendatang sebagai seorang turis." Tutup David Tanner berpamitan sambil mohon diri menuruskan serangkaian kunjungannya ke daerah lain.

No comments: